Yayasan Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan Pengkajian Strategis (PPMPS) didirikan pada tanggal 14 Desember 1998 oleh para mantan aktivis mahasiswa angkatan 90-an di Semarang, sebagai bentuk tanggungjawab moral atas krisis politik pasca reformasi di Indonesia yang telah berdampak buruk pada dimensi ekonomi, sosial dan budaya.

Pendirian lembaga ini didasarkan pada kesadaran bahwa sesungguhnya hak untuk mendapatkan dan menikmati kehidupan yang adil adalah hak setiap insan dan penegakannya harus diusahakan dalam suatu upaya yang terus menerus serta berkesinambungan, dalam rangka membangun suatu tatanan masyarakat Indonersia yang adil, beradab dan berperikemanusiaan secara demokratis.

Keadilan dalam bidang hukum, ekonomi, sosial, politik dan budaya, dan keadilan dalam kehidupan beragama serta gender, secara bersama-sama menopang dan membentuk keadilan struktural yang utuh dan saling melengkapi.

Oleh karenanya, maka segala upaya penegakan keadilan dan penghapusan atas kendala-kendalanya harus dilakukan secara berbarengan (sinergis) dan sejalan secara proposional dan kontekstual, sebagai upaya pembebasan manusia Indonesia seutuhnya, demi terwujudnya tatanan masyarakat yang adil dan beradab.

BADAN HUKUM

Badan Hukum Yayasan Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan Pengkajian Strategis (PPMPS) berupa Yayasan berdasarkan Akta Notaris Nomer 11 Tanggal 14 Desember 1998 dibuat oleh Mustari Sawilin SH. MHum. Notaris di Semarang.

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi Yayasan Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan Pengkajian Strategis (PPMPS) adalah sebagai berikut :

  • Dewan Pendiri
    1. Dr. Ing. Asnawi Manaf, ST. PhD.
    2. Joko Yuwono, ST.
    3. Ferry Firmawan, ST., MT.
    4. Irwan Herry Prasetya, SS.
    5. Panudju Budiwijono, S.Pd.
    6. Darfina Budi Yuli Astuti, SS., MA.
    7. Moch. Irawan, A.Md.
  • Pelaksana Harian Periode 2009 – 2010
    1. Joko Yuwono, ST. [ Direktur Eksekutif ]
    2. Endro Laksono, SE. [ Ketua Bidang Program ]
    3. Arido Laksono, SS. M.Si. [ Ketua Bidang Keuangan ]
    4. Agung Hendra Tri Wahono, S.Sos. [ Ketua Bidang Operasional ]
    5. Puji Kriswindarti, A.Md. [ Staff Administrasi ]
    6. Moch. Fachruddin, A.Md. [ Staff Administrasi ]
    7. Djoko Sucipto [ Pembantu Umum ]

VISI ORGANISASI

Visi yayasan Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan Pengkajian Strategis (PPMPS) adalah sebagai berikut :

  1. Terwujudnya suatu tatanan masyarakat madani yang adil, beradab, majemuk (plural), dan sejahtera serta berdayaguna dalam kehidupan berbangsa bernegara, menuju pembangunan masyarakat Indonesia seutuhnya yang demokratis.

  2. Terwujudnya suatu tata sistem hukum, ekonomi, sosial, politik, budaya dan agama yang dapat membuka akses bagi setiap pihak untuk turut serta dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan hak dan kepentingan mereka.

MISI ORGANISASI

Misi yayasan Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan Pengkajian Strategis (PPMPS) adalah sebagai berikut :

  1. Membangun masyarakat madani (civil society) menuju terbentuknya kehidupan yang berketuhanan, adil, demokratis, dan memberdayakan segenap potensi masyarakat sedemikian rupa sehingga mereka mampu merumuskan, menyatakan dan memperjuangkan hak-hak dan kepentingannya baik secara individual maupun secara kolektif.

  2. Menyebarluaskan gagasan, informasi, dan pemikiran yang menjunjung tinggi keberpihakan kepada rakyat dalam bentuk gerakan penyadaran atas hak-hak sipil (civil rights) tanpa membedakan sekat-sekat seperti kesukuan, ras, agama, antar golongan dan gender dalam rangka penguatan wacana civil society.

  3. Memajukan, mengembangkan dan mendayagunakan program program yang mengandung dimensi keadilan dalam bidang hukum, ekonomi, sosial, politik, budaya, agama dan gender sesuai dengan konstitusi yang berlaku di Indonesia dan Deklarasi Umum Hak Asasi Manusia (Universal Declaration of Human Rights).

%d bloggers like this: